Memahami Kegunaan Dan Kerugian Angin Bagi Kehidupan

Angin, merupakan bagian dari alam yang tentunya juga dapat memberikan pengaruh bagi kelangsungan kehidupan dari berbagai jenis makhluk hidup. Pengaruh yang diberikan oleh angin ini dapat berupa pengaruh positif yang dapat dinamakan juga dengan kegunaan atau manfaat dari angin. Selain memberikan pengaruh dari segi positif angin juga dapat memberikan pengaruh dari segi negatif yang mana berupa kerugian yang dirasakan oleh kehidupan makhluk hidup. Pada intinya angin yang teradapat di alam bebas ini dapat memberikan pengaruh bagi keseimbangan lingkungan hidup baik dalam hal positif maupun dalam hal negatif. Di dalam catatan kali ini kita akan secara bersama - sama mempelajari atau mencari tahu mengenai beberapa kegunaan dan kerugian yang diberikan oleh angin.

Memahami dan mencari tahu manfaat atau kegunaan angin

Angin di dalam kehidupan makhluk hidup dapat memberikan banyak manfaat atau kegunaan yang bisa memberikan dampak bagi kehidupan makhluk hidup. Manfaat dari angin ini tentunya dapat bermacam - macam dan berbeda manfaat yang dapat dirasakan bagi setiap makhluk hidup. Angin dalam kehidupan dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang yang berbeda - beda dengan tujuan yang berbeda - beda dan cara pemanfaatan yang berbeda - beda pula. Masing - masing kegunaan dari angin ini tentunya dapat dipergunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup bagi makhluk hidup. Di dalam pembahasan ini kita akan mengidentifikasi berbagai manfaat dari angin bagi kehidupan sehari - hari.

Di dalam kehidupan sehiri - hari angin bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal diantaranya saja yaitu [#] ketika kita sedang mencuci pakaian akan tetapi suasana atau cuaca dalam keadaan mendung berarti tidak terdapat sinar mantahari (panas matahari) dengan bantuan dari angin yang bertiup pakaian dapat kering. Ketika selesai mencuci pakaian kita dapat menaruh pakaian yang telah selesai dicuci tersebut pada tempat yang teduh dan mudah terkena tiupan angin sehingga dengan sendirinya lama - kelamaan pakain akan kering dengan tanpa bantuan dari panas cahaya matahari. [#] Untuk anak - anak bermain, angin dapat dipergunakan untuk menerbangkan layang - layang. Ketika layang - layang terbang maka dapat di kendalikan dengan menggunakan benang yang terikat pada layang - layang. Arah gerakan dari layang - layang ini dapat didapatkan informasi mengenai arah gerakan dari tiupan angin.

[#] Untuk keperluan olahraga angin juga dapat dimanfaatkan yaitu diantaranya dapat dipergunakan untuk paralayang, terjun payung dan lain - lain jenis olahraga yang dapat memanfaatkan angin. Dengan menggunakan energi angin ini dalam kegiatan olahraga maka energi yang dimiliki oleh angin tidak akan tersia - siakan. Ketika melakukan olahraga terjun payung maupun paralayang kita dapat melihat pemandangan dari angkasa dengan bantuan dari energi angin. Selain dapat berolahraga tentunya dengan adanya energi angin ini dapat dipergunakan untuk berpariwisata melihat keindahan pemandangan dari angkasa. [#] Dalam hal keperluan transportasi energi yang dimiliki oleh angin juga bisa dipergunakan yakni dapat dipergunakan untuk menggerakan kapal layar. Dengan memanfaatkan arah tiupan angin maka kapal layar dapat bergerak melaju menuju ke tempat tujuan. Selain bertransportasi menggunakan kapal layar dengan bantuan angin, tentunya kita dapat melihat pemandangan di perairan sehingga dapat menghilangkan stress.

[#] Pemanfaatan energi angin untuk sumber daya energi listrik yang mana dengan menggerakan baling - baling atau kincir angin. Dengan menggerakan kincir angin atau baling - baling yang pada bagian porosnya diberi motor atau dinamo yang kemudian digerakan dengan bantuan tenaga angin, maka dapat menghasilkan listrik yang dapat dipergunakan untuk keperluan kehidupan sehari - hari. Pemanfaatan energi angin untuk dapat menghasilkan listrik maka dapat dipergunakan sebagai sumber energi alternatif.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan memberikan komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Tolong untuk tidak menyantumkan link hidup maupun mati.
Terimakasih atas perhatiannya.